Mengulas Tentang Apa Itu Tiroid dan Kenali Gejala Kanker Tiroid

1:48 PM

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia memang kurang begitu jelas dan paham apa itu tiroid. Tiroid sendiri merupakan salah satu kelenjar yang ada pada bagian leher depan manusia dan bentuknya menyerupai kupu-kupu. Tiroid sendiri mengeluarkan hormon yang memiliki fungsi sangat penting yaitu dapat digunakan untuk mengatur metabolisme, pertumbuhan, denyut jantung, suhu tubuh, berat badan sampai dengan tekanan darah.

Sebagai informasi ada tiga jenis hormon yang dikeluarkan dan diproduksi oleh kelenjar tiroid yaitu Triiodotironin dan tiroksin. Kedua hormon ini akan membantu tubuh untuk mengatur metabolisme tubuh. Bila kekurangan hormon ini biasanya tubuh akan merasa lemah serta berat badan juga akan bertambah. Jenis hormon selanjutnya adalah Calcitonin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengatur kalsium dalam darah serta bisa digunakan untuk mengatur tulang yang kuat.

Mungkin bagi sebagian orang tidak ada yang menyadari ternyata adalah salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyerang kelenjar tiroid. Penyakit tersebut adalah kanker tiroid. Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit kanker tiroid:

1. Bila masih pada tahap awal, gejala kanker tiroid memang jarang dikenali bahkan bisa juga tidak muncul sama sekali, tetapi Anda bisa melihatnya seperti adanya benjolan yang muncul pada depan leher dan lebih tepatnya berada di bawah jakun dan biasanya juga tidak terasa sakit.
2. Gejala lain yaitu Anda juga akan merasa sakit pada tenggorokan.
3. Kesulitan saat menelan makanan atau minuman.
4. Suara bisa menjadi serak dan bahkan bisa berlangsung sampai dengan beberapa hari dan tidak sembuh bahkan sudah berminggu-minggu.
5. Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening yang ada pada bagian leher.

Di atas adalah beberapa gejala yang biasanya muncul apabila Anda terjangkit penyakit kanker tiroid. Akan tetapi Anda juga tidak perlu cemas dan khawatir karena tidak semua benjolan yang muncul dan ada pada kelenjar tiroid diakibatkan karena adanya kanker tiroid pada tubuh Anda. Biasanya besar pembengkakan yang terjadi pada kelenjar tiroid diakibatkan oleh adanya penyakit gondok. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh hipertiroidisme yaitu merupakan kondisi dimana adanya hormon T3 dan T4 yang terlalu banyak dalam tubuh atau bisa juga kekurangan hormon tersebut.

Penyebab dari penyakit tersebut memang belum terlalu pasti dan belum banyak yang mengetahui. Tetapi memang ada beberapa faktor yang menyebabkan semakin tingginya resiko terkena penyakit tersebut antara lain seperti adanya gangguan pada tiroid seperti adanya peradangan yang terjadi pada kelenjar tiroid atau penyakit gondok. Orang yang memiliki penyakit gondok memang resikonya lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker pada kelenjar tiroid.

Selain itu bisa juga disebabkan oleh riwayat kesehatan dari keluarga. Adanya kelainan genetik yang diturunkan oleh anggota keluarga juga dipercaya mampu untuk meningkatkan adanya resiko kanker tiroid apabila ada pihak keluarga yang menderita penyakit tersebut. Selanjutnya bisa juga disebabkan oleh tinggi dan berat badan serta pajanan terhadap radiasi dan bisa juga dipengaruhi oleh seringnya terserang gangguan pada pencernaan.

Tidak bisa dipungkiri memang masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang kurang begitu tahu dan mengenal tentang apa itu tiroid. Bahkan juga ada yang tidak peduli sama sekali dengan tiroid yang ada pada tubuh mereka. Maka dari itu, setelah mengetahui beberapa fungsi dan penyakit apa saja yang bisa timbul bila kelenjar tiroid tidak baik, mulai sekarang mulailah untuk hidup lebih sehat dan sayangi tiroid yang ada pada tubuh Anda.

Comments